Energi Panas Bumi (Energi Geothermal)

Geothermal
Energi Panas Bumi adalah energi yang diekstraksi dari panas yang tersimpan di dalam bumi. Energi panas bumi ini berasal dari ektivitas tektonik di dalam bumi rang terjadi sejak planet ini diciptakan. Panas ini juga berasal dari panas matahari yang diserap oleh permukaan bumi. energi ini telah dipergunakan untuk memanaskan (ruangan ketika musim dingin atau air) sejak peradaban romawi, namun sekarang lebih populer untuk menghasilkan energi listrik. Sekitas 10 Giga Watt pembangkit listrik tenaga panas bumi telah dipasang diseluruh dunia padan tahun 2007, dan menyumbang sekitar 0.3% total energi listrik dunia.

Energi panas bumi cukup ekonomis dan ramah lingkungan, namun terbatas hanya pada dekat area perbataasan lapisan tektonik 

Pangeran Piero Ginori Conti mencoba generator panas bumi pertama pada 4 Juli 1904 di area panas bumi Larderello di italia. Grub area sumber panas bumi terbesar didunia, disebut The Geyser berada di California,Amerika Serikat. Pada tahun 2004 lima negara (Elsavador, Kenya, Filipina, Islandia, dan Costarika) telah menggunakan panas bumi untuk menghasilkan lebih dari 15% kebutuhan listriknya.

Pembangkit listrik tenaga panas bumi hanya dapat dibangun disekitar lempeng tektonik dimana temperatur tinggi dari sumber panas bumitersedia didekat permukaan. Pengembangan dan penyempurnaan dalam teknologi pengeboran dan ekstraksi telah memperluas jangkauan pembangunan pembangkit listrik tenaga panas bumi dari lempeng tektonik terdekat. Efesiensi termal dari pembangkit listrik tenaga panas bumi cebderung rendah karena fluida panas bumi berada pada temperatur yang lebih rendah dibandingkan dengan uap atau air mendidih. berdasarkan pada hukum termo dinamika rendahnya temperatur membatasi efisiensi dari mesin kalor dalam mengambil energi selama menghasilkan listrik.
Alur pemanfaatan panas bumi

Sisa panas terbuang, kecuali jika bisa dimanfaatkan secara lokal dan langsung misalnya untuk pemanas ruangan. Efisiensi sistem tidak mempengaruhi biaya operasional seperti pembangkit listrik tenaga bahan bakar fosil.

Energi Panas Bumi (Energi Geothermal)

Kegiatan Pengusahaan Panas Bumi :
Survey Pendahuluan = Eksplorasi = Studi Kelayakan = Eksploitasi = Pemanfaatan.

 1. Survey Pendahuluan  adalah kegiatan untuk mendapatkan informasi kondisi geologi, geofisika, geokimia untuk memperkirakan letak dan adanya sumberdaya panas bumi serta wilayah kerja.
2. Eksplorasi, - Rangkaian kegiatan yang meliputi penyelidikan geologi, geofisika, geokimia, pengeboran uji, dan pengeboran sumur eksplorasi yang bertujuan untukmemperoleh dan menambah informasi kondisi geologi bawah permukaan guna menemukan dan mendapatkan perkiraan potensi panas bumi.
Pemboran, Well Completion, Pengujian Sumur Geothermal
 Pengujian Sumur :
  • Untuk mengetahui jenis dan karakterisasi reservoir
  • untuk mengetahui kemampuan produksi sumur
3. Studi kelayakan, - Tahapan kegiatan usaha pertambangan panas bumi untuk memperoleh informasi secara rinci seluruh aspek yang berkaitan untuk menentukan kelayakan usaha pertambangan panas bumi, termasuk penyelidikan atau studi jumlah cadangan yang dapat di eksploitasi.
4. Eksploitasi dapat dilakukan setelah menyelesaikan studi kelayakan serta telah mendapat keputusan kelayakan linkungan berdasarkan hasil kajian analisis mengenai dampak lingkunganatau persetujuan upaya pengelolaan lingkungan dan upaya pemantauan lingkungan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang lingkungan hidup.


Sumber
DR. Ir. Nenny Saptadji - Kebijakan dan regulasi pemanfaatan panas bumi

0 komentar: