Surpac Tutorial Dasar - Load Data Excel

     Ditahap awal belajar pengaplikasian surpac kita belajar dasar pengenalan surpac, dan setelahnya tahap pertama kita akan belajar cara load data dari excel ke surpac. Data excel ini didapat dari pengukuran dilapangan dengan Total Station. Selanjutnya data akan diproses dengan surpac untuk pengaplikasian rencana kerja selanjutnya. Load data dari excel ke surpac adalah tahap awal dari semua pengaplikasian di surpac. 
Kita langsung saja kita praktekan cara load data ke surpac....

     Simpan data hasil pengukuran topografi dengan susunan seperti dibawah ini :
Contoh Data Excel hasil pengukuran topografi
   
     Simpan data dalam format (.csv) dan dibelakangnya diikuti angka (Id number). Keterangan yang dicantumkan boleh lebih dari satu. Tapi perlu diingat kolom-kolom mana saja tempat mencantumkan keterangan. Dan dalam menyusun data yang dibuat tidak boleh ada row yang kosong, agar bisa dibaca dalam surpac.

Buka program surpac vision
Pilih folder dimana file .csv tersebut disimpan
Click kanan untuk mengaktifkan directory "Set as work directory"

Load file .csv menjadi file .str / bentuk string


Isikan pada kolom Extension (.csv)
Kalau pakai description kita klick "use description" sehingga muncul tanda (V) tetapi kalau tidak pakai description tidak perlu di click. Tulis nama baru untuk data string di define to be convert location. Tidak perlu pakai id number, sebab id number akan mengikuti dari data csv yang diolah.

Y = northing,  X = easting,  Z = elevasi,  sting number = string
Kalau pakai description akan muncul dibawah ini tetapi kalau tidak pakai tidak muncul text dibawah ini.

Jika memakai keterangan Description 1 (d1) menyatakan kolom description, isikan sesuai data yang kita buat. Setelah itu masih akan mumcul fields separated by a character sampai text file field number ke 12, klik ok.
Data .csv tadi secara otomatis sudah menjadi file .str kemudian kita buka

Click Ketik RF (recall file) sehingga muncul
Kemudian pilih file .str yang dimaksud dengan click tanda segitiga disebelah kanan "Location". append berarti menimpakan pada peta yang masih ada di layer kerja. Replace berarti menutup peta yang lama pada layer kerja dan menggantinya dengan file baru.

Load data string ke excel

Open dan cari file string yang akan diambil. Dan harus diingat, data string yang diload harus berupa titik bukan garis, dan pada tipe file pindah ke all file.
Sortir Data Excel
Data yang di load dari format string menjadi .csv dalam excel susunanya tidak teratur. Untuk mengedit/ sortir data pilih data / sortir



0 komentar: